Bidang GTK Disdikbud Gelar Seleksi Pemilihan Kepala Sekolah Dan Guru Berprestasi Tahun 2022

Bidang GTK Disdikbud Gelar Seleksi Pemilihan Kepala Sekolah Dan Guru Berprestasi Tahun 2022
Bidang GTK Disdikbud Gelar Seleksi Pemilihan Kepala Sekolah Dan Guru Berprestasi Tahun 2022
Beberapa Kepala Sekolah dan Guru Mengikuti Seleksi Pemilihan Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi

BIREUENSATU.ID– Dalam rangka peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan Guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen lewat bidang GTK kembali melanjutkan seleksi pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi.

Seleksi pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi jenjang UPTD SD dan UPTD SMP dalam Kabupaten Bireuen tahun 2022 ini, dibuka oleh Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Bireuen, Surya, S.Pd.,M.Pd, di Wisma Bireuen Jaya, Selasa (13/8/2022).

Selaku penanggungjawab kegiatan, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Bireuen, Surya, S.Pd.,M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara selektif dan sportif.

Dalam melaksanakan tugas pokok sehari-hari diharapkan tidak bersaing dengan peserta lainnya, tetapi sama-sama bersanding untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Bireuen.

Seleksi ini mencari yang terbaik untuk membawa nama kabupaten ke tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada awal Oktober mendatang, katanya.

“Kepada dewan juri agar dapat menyeleksi secara transparan dan akuntabilitas, kami dari pihak pemerintah daerah dan panitia tidak ada istilah titipan-titipan dalam penentuan pemenang,” tegas Kabid PTK Disdikbud Bireuen ini.

Dijelaskan, sebelumnya jumlah keseluruhan peserta yang ikut kegiatan seleksi ini, sebanyak 80 orang, terdiri 40 peserta kepala sekolah jenjang UPTD SD dan UPTD SMP serta 40 orang guru jenjang UPTD SD dan UPTD SMP.

Sebelumnya kedelapan puluh peserta tersebut telah mengikuti pembekalan yang dilaksanakan selama tiga hari (25-27/9/2022) lalu, di Wisma Bireuen Jaya.

“Setelah mengikuti pembekalan, peserta diberi waktu selama dua minggu untuk mempersiapkan diri, “sebut Surya.

Dirincikan, dari jumlah peserta tersebut, yang memenuhi syarat adminitrasi untuk masuk ke tahap seleksi pemilihan sebanyak 19 peserta.

Ke 19 peserta tersebut terdiri 10 orang guru jenjang UPTD SD dan jenjang UPTD SMP serta 9 orang kepala sekolah jenjang UPTD SD dan UPTD SMP.

Disebutkan, kriteria penilaian yaitu dari hasil tes tulis, pada tes tulis soal yang diuji berupa soal yang mencakup 5 kompetensi.

Kelima kompetensi tersebut, meliputi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial, penilaian karya Ilmiah, presentasi karya ilmiah serta wawancara tentang wawasan kebangsaan dan penialaian keteladanan.

“Mudah-mudahan akan terjaring peserta yang terbaik diantara yang baik,” ujar Surya.

Disela-sela kegiatan, Widyaprada Bidang PTK Disdikbud Bireuen, Yusmadi, S.Pd.,M.Pd, kepada Kabar Bireuen menyebutkan, lanjutan kegiatan seleksi ini, dilaksanakan selama dua hari, (13-14/9/2022), di Wisma Bireuen Jaya Bireuen.

Ada empat orang dewan juri yang menilai peserta pada kegiatan ini, tiga diantaranya dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh, ialah Ernawati, M.Pd, Rusydi, M.Pd, dan Rastina Abubakar, M,Pd, mereka merupakan juri berpengalaman dalam ajang yang sama di Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Kemudian, Muklis, M.Pd, Kepala Sekolah SDN 3 Ulim Pidie Jaya, merupakan Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Nasional tahun 2020.

“Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Disdikbud Bireuen akan memberi reward kepada para pemenang, sebagai bentuk apresiasi,” katanya.

Disebutkan, reward diberikan diantaranya berupa tiket untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci Mekkah.

Tiket umroh tersebut diberikan kepada Juara I Guru Berprestasi jenjang SD dan SMP serta Juara I Kepala Sekolah Berprestasi jenjang SD dan SMP.

Kemudian reward lainnya berupa uang pembinaan sebesar Rp 9 juta, masing-masing diberikan kepada Juara II, Guru Berprestasi jenjang SD dan SMP dan Juara II, Kepala Sekolah Berprestasi jenjang SD dan SMP.

“Reward juga diberikan kepada Juara III, Guru Berprestasi jenjang SD dan SMP dan Juara III, Kepala Sekolah Berprestasi jenjang SD dan SMP, berupa uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 5 juta,” jelas Widyaprada Bidang PTK Disdikbud Bireuen ini.