Pendaftaran Paswancam Untuk 3 Kecamatan di Bireuen Dibuka Kembali

Walaupun jumlah pendaftar sudah mencapai 688 orang dan yang dibutuhkan hanya 51 orang, tiga kecamatan dibuka pendaftaran bagi calon Panwascam
Calon Panwascam Sedang Melakukan Pendaftaran di Kantor Panwaslih Bireuen
Calon Panwascam Sedang Melakukan Pendaftaran di Kantor Panwaslih Bireuen

BIREUENSATU.ID – Hingga hari terakhir pendaftaran, Selasa (27/09/2022) jumlah pendaftar calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Bireuen mencapai 688 pendaftar yang terdiri dari 427 laki-laki dan 261 perempuan.

Walaupun jumlah pendaftar sudah mencapai 688 orang dan yang dibutuhkan hanya 51 orang, tiga kecamatan dibuka pendaftaran bagi calon Panwascam.

Hal tersebut disampaikan Abdullah Yunus, selaku Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Panwaslih Kabupaten Bireuen kepada awak media, Minggu (2/10/2022).

Abdullah yang didampingi Ketua Panwaslih Bireuen, Wildan Zacky menjelaskan, jumlah pendaftar terbanyak terdapat di kecamatan Kota Juang dengan jumlah pendaftar sebanyak 92 orang dan diikuti Peusangan sebanyak 84 orang, sedangkan kecamatan dengan jumlah pendaftar sedikit di kecamatan Peusangan Selatan hanya 19 pendaftar.

Dari jumlah total pendaftar di masing-masing kecamatan, ada tiga kecamatan yang tidak terpenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Adapun tiga kecamatan yang jumlah pendaftaran perempuan dibawah 30 persen yaitu Kecamatan Samalanga pendaftar 36 orang, dari jumlah tersebut 26 laki-laki dan 10 perempuan.

Kemudian, Peusangan Selatan 19 orang pelamar (14-5) dan terakhir Peusangan Siblah Krueng 21 orang (15-6), ketiganya jumlah pendaftar perempuan dibawah 30 persen.

Dijelaskan, mengacu pada Surat Keputusan Bawaslu RI Nomor 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan panitia pengawas Pemilu kecamatan dan agar terpenuhi 30 persen.

Ditambahkan, berdasarkan pleno terdapat tiga kecamatan yang belum terpenuhi ketentuan 30 persen keterwakilan perempuan dari jumlah pendaftar yaitu Kecamatan Samalanga, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng sehingga untuk kecamatan tersebut akan dibuka perpanjangan pendaftaran, jadwal mulai 02 hingga 08 Oktober 2022 sebagaimana ketentuan, ujarnya.

Terhadap berkas pendaftaran dari 688 pendaftar akan dilakukan penelitian berkas administrasi dan hasilnya akan diumumkan 12 Oktober mendatang.

Sementara seleksi ujian tulis bagi yang dinyatakan lulus administrasi akan dilaksanakan Bawaslu RI pada 14-16 Oktober 2022 secara serentak dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

“Untuk ujian tulis dengan metode CAT ini akan dilakukan serentak oleh Bawaslu, kami hanya memfasilitasi tempat ujian tulisnya” tambah Abdullah.