Mahasiswi IAI Almuslim Bireuen Terima Beasiswa Kewirausahaan

Mahasiswa tersebut bernama Nisa Nur Azizah, mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh masuk sebagai salah satu mahasiswa penerima beasiswa kewirausahaan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) setelah mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan mahasiswa PTKI yang diadakan Kementerian Agama
Nisa Nur Azizah, mahasiswa IAI Almuslim Aceh, Peusangan Bireuen
Nisa Nur Azizah, mahasiswa IAI Almuslim Aceh, Peusangan Bireuen

BIREUENSATU.ID – Seorang mahasiswi Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh, Peusangan Bireuen bernama Nisa Nur Azizah (23) mahasiswa program studi Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam menerima bantuan beasiswa kewirausahaan setelah mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan.

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Aulia Fitri MM kepada awak media, Senin (5/12/2022) mengatakan, prestasi dari mahasiswa Kampus Paya Lipah di tingkat nasional berhasil meraih beasiswa kewirausahaan yang diumumkan Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dalam rangka pelaksanaan Beasiswa Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2022 pada Selasa (29/11/2022).

Mahasiswa tersebut bernama Nisa Nur Azizah, mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh masuk sebagai salah satu mahasiswa penerima beasiswa kewirausahaan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) setelah mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan mahasiswa PTKI yang diadakan Kementerian Agama.

Prestasi yang diraih Nisa bisa menjadi sebuah semangat bagi mahasiswa lainnya di Kampus Paya Lipah agar terus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan minat wirausaha.

“Nisa sendiri sejak dibangku kuliah sudah mulai mengembangkan bisnis wirausahanya dan berjualan
produk cemilan dari satu sekolah dan kampus-kampus, semua itu dilakukan lewat luring dan daring,” sebut Aulia.

Aulia juga menambahkan, mahasiswa pada Prodi Ekonomi Syariah sejak dari semester-semester awal sudah ditekankan pentingnya berwirausaha dan tentunya didukung juga dengan sejumlah mata kuliah yang membuat mahasiswa lebih percaya diri dalam membuat sebuah ide.

Ditambahkan, ada beberapa mata kuliah di Ekonomi Syariah yang memang dipersiapkan bagi mahasiswa yang punya minat dalam berwirausaha.

“Selain mata kuliah wirausaha sendiri juga dibekali dengan mata kuliah etika bisnis Islam, ekonomi dan industri kreatif hingga dengan mata kuliah financial teknologi agar mereka siap untuk terjun dalam bisnis daring,” jelas Aulia.

Nisa Nur Azizah kepada awak media mengatakan, peserta yang mengikuti mencapai 1.000 orang, ia mewakili IAI Almuslim dan hanya 50 orang yang berhasil masuk dalam penerima beasiswa.

“Alhamdulillah, dengan dukungan dan kepercayaan dari pihak kampus, Nisa bisa mewakili kampus IAI Almuslim Aceh yang berhasil lolos pada beasiswa tersebut,” ujarnya.

Pelatihan digelar secara hybrid waktu itu di Batam, semua peserta ini mewakili dari sejumlah kampus agama yang ada di Indonesia.

“Ini sebuah prestasi juga proposal Nisa terpilih sebagai satu proposal terbaik se-Indonesia,” sebut mahasiswa asal Bener Meriah ini.

Atas berbagai kreativitas, Nisa anak pertama dari empat bersaudara pasangan Cucu Mastika dan Bahtiar Ismail memperoleh bantuan beasiswa dan juga mengharumkan nama kampusnya.