KIP Bireuen Buka Pendaftaran Calon PPS, Ini Persyaratannya

Adapun dokumen yang dibutuhkan antara lain surat pendaftaran dapat diunduh melalui Siakba, kemudian foto copy KTP elektronik, foto copy ijazah terakhir dan surat pernyataan juga dapat diunduh di aplikasi Siakba
Amiruddin, Anggota KIP Bireuen
Amiruddin, Anggota KIP Bireuen

BIREUENSATU.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen.sejak Minggu (18/12/2022) membuka pendaftaran bagi warga yang ingin menjadi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PSS) untuk seluruh desa, setiap desa akan diterima tiga orang.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi melalui komisioner KIP, Amiruddin kepada awak media, Senin (19/12/2022) mengatakan, jadwal penerimaan PPS sudah dimulai, bagi warga yang berminat dan memenuhi syarat silakan mendaftar melalui aplikasi Sakba dengan melengkapi berbagai dokumen.

Adapun dokumen yang dibutuhkan antara lain surat pendaftaran dapat diunduh melalui Siakba, kemudian foto copy KTP elektronik, foto copy ijazah terakhir dan surat pernyataan juga dapat diunduh di aplikasi Siakba.

Melampirkan surat keterangan sehat, daftar riwayat hidup ada di Siakba, pas foto warna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar, kemudian bagi calon yang pernah bergabung dengan partai politik diperlukan surat keterangan dari partai politik yang bersangkutan bagi calon paling singkat lima tahun.

“Peryaratan surat dari partai politik khusus bagi yang pernah menjadi anggota partai politik,” ujar Amiruddin.

Jadwal penerimana mulai 18– 27 Desember 2022. Sedangkan jumlah yang diterima masing masing desa tiga orang, jumlah seluruhnya untuk Bireuen sebanyak 1.827 orang.

Amiruddin menambahkan, tahapan berikutnya yaitu pemeriksaan dan penelitian berkas calon anggota PPS 19-29 Desember, kemudian pengumuman seleksi administrasi 1 Januari 2023. Selanjutnya, ujian tulis akan berlangsung 2-4 Januari 2023 dan berbagai tahapan berikutnya.