Ribuan Warga Mendaftar jadi Calon Anggota PPS Bireuen

Penerimaan berkas selain melibatkan pegawai KIP juga mengikutsertakan anggota PPK masing-masing kecamatan membantu KIP Bireuen dalam hal penerimaan berkas
Calon anggota PPS Bireuen, Senin 926/12/2022) mengantre untuk menyerahkan berkas secara manual di Kantor KIP Bireuen
Calon anggota PPS Bireuen, Senin 926/12/2022) mengantre untuk menyerahkan berkas secara manual di Kantor KIP Bireuen

BIREUENSATU.ID – Hampir dua ribuan orang memadati komplek Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, di Desa Paya Lipah, Peusangan, Bireuen, Senin (26/12/2022) untuk menyerahkan berkas sebagai calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dibuka sejak beberapa hari lalu.

Amatan awak media, ratusan orang antrian di berbagai sudut kantor menyerahkan berkas pada panitia masing-masing kecamatan.

Penerimaan berkas selain melibatkan pegawai KIP juga mengikutsertakan anggota PPK masing-masing kecamatan membantu KIP Bireuen dalam hal penerimaan berkas. Para calon datangnya dari berbagai desa di Bireuen karena setiap desa akan diterima sebanyak tiga orang anggota PPS.

Para calon dengan berkas ditangan menunggu antrian dan dicatatkan kemudian masing-masing menyerahkan berkas secara manual. Mereka yang sudah menyerahkan berkas secara manual sudah mendaftar melalui aplikasi Siakba.

Amiruddin selalu komisioner KIP Bireuen melalui staf atau satker penerimaan PPS, Nisa Ulfarasdila kepada awak media mengatakan, jadwal penerimana mulai 18– 27 Desember 2022.

Sedangkan jumlah yang diterima masing masing desa tiga orang, jumlah seluruhnya untuk Bireuen sebanyak 1.827 orang untuk 609 desa.

Hingga Minggu (25/12/2022) malam jumlah yang sudah menyerahkan berkas sebanyak 7.071 orang. “Berkas yang sudah kami terima dari peminat mencapai 7.071 berkas,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut sebanyak 1.091 berkas sudah tuntas, sedangkan pemeriksaan berkas masing-masing calon belum sempat dilakukan. Seluruh berkas katanya akan diperiksa kelengkapan administrasi dan nantinya diumumkan calon yang berhak mengikuti ujian tulis sistem CAT.