Ketua TP PKK Bireuen Sweeping Imunisasi Polio di Sejumlah SD dan MI, Targetkan Realisasi 90 Persen

Kunjungan tersebut dalam rangka pelaksanaan sweeping sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio bagi anak usia 0-13 tahun
Ketua TP PKK Bireuen, Dr dr Novia Dian Lestari, SpS (K) meneteskan imunisasi polio ke dalam mulut murid SDIT Azkiya Bireuen, Rabu (4/1/2023).
Ketua TP PKK Bireuen, Dr dr Novia Dian Lestari, SpS (K) meneteskan imunisasi polio ke dalam mulut murid SDIT Azkiya Bireuen, Rabu (4/1/2023).

BIREUENSATU.ID – Ketua TP PKK Bireuen, Dr dr Novia Dian Lestari, SpS (K) bersama Dinkes, Kadis Sosial, Camat Kota Juang, dan pihak lainnya, Rabu (4/1/2023), mengunjungi sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di seputaran Bireuen.

Kunjungan tersebut dalam rangka pelaksanaan sweeping sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio bagi anak usia 0-13 tahun.

Lokasi pertama yang dikunjungi dan pemberian imunisasi polio oleh Ketua TP PKK Bireuen adalah di SDN 13 Bireuen, kawasan Desa Meunasah Reuleut, Kota Juang.

SDN tersebut memiliki 238 murid, di mana pemberian dua tetes imunisasi polio dilakukan secara simbolis kepada sejumlah murid oleh istri Pj Bupati Bireuen yang juga Ketua TP PKK Bireuen itu.

Setelah di SDN 13, Ketua TP PKK mengunjungi MIN 12 Bireuen, SDIT Azkiya Bireuen, SDN 3 Peusangan, MIN 1 Bireuen (MIN Matang Glumpangdua), dan MIN 53 Bireuen (MIN Krueng Baro, Peusangan).

Usai melakukan dua tetes polio di SDN 13 Bireuen, Ketua TP PKK mengatakan, capaian imunisasi polio diharapkan mencapai 90 persen.

“Harapan kami, capaian imunisasi polio di Bireuen bisa mencapai 90 persen, paling kurang,” ujarnya.

Selain itu, Dr Novia mengimbau kepada para orang tua agar bisa mendukung program tersebut.

“Karena imunisasi tersebut dilaksanakan demi anak-anak semuanya agar terhindar dari polio yang bisa menimbulkan cacat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan sweeping imunisasi polio itu, juga hadir Kadinkes, Kadinsos, Kadisdikbud, Ketua DWP, Camat Kota Juang, serta kepala sekolah,dan sejumlah pejabat.

Kadis Kesehatan Bireuen, dr Irwan A Gani mengatakan, lokasi sweeping imunisasi polio oleh ibu Pj Bupati Bireuen selaku Ketua TP PKK itu ada enam sekolah di Bireuen dan Peusangan.

Yaitu, SDN 13 Bireuen, MIN 12 Bireuen, SDIT Azkiya Bireuen, SDN 3 Peusangan, dan MIN 1 Bireuen, serta MIN 53 Bireuen.

” Imunisasi polio di Bireuen masih rendah capaian di usia 5-7 tahun dan 7-12 tahun, maka kita menggelar sweeping ke SD dan MI, termasuk PAUD/TK,” terangnya.

“Untuk capaian imunisasi polio saat ini sudah 80 persen lebih. Kita target bisa mencapai 90 persen sampai batas waktu diberikan sampai 13 Januari 2023,” jelas Kadinkes.